skip to Main Content
021-8464185 informasi@mercusuar.ac.id

SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR

Pengertian

Tugas Akhir adalah suatu rangkaian kegiatan, mulai dari pengumpulan data sampai dengan penyusunan sebuah naskah tugas akhir yang merupakan suatu karya ilmiah yang berbasis teknologi serta  memenuhi kaidah-kaidah keilmuan. Tiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya diwajibkan untuk menyusun suatu karya ilmiah yang disebut Tugas Akhir, setelah yang bersangkutan memenuhi persyaratan tertentu. Tugas Akhir ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang mempunyai ciri-ciri antara lain :

  • Harus ada permasalahan.
  • Judul tugas akhir dipilih sendiri oleh mahasiswa atau ditentukan oleh dosen pembimbing.
  • Didasarkan pada pengamatan lapangan (data primer) dan/atau analisis data sekunder.
  • Harus ada ketertiban metodologi
  • Mengungkapkan adanya kenyataan baru atau kenyataan khusus
  • Di bawah bimbingan secara berkala dan teratur oleh dosen pembimbing
  • Mengikuti tata tulis karya ilmiah
  • Dalam pengajuan proposal dilengkapi dengan abstrak
  • Sebelum disetujui, proposal akan direview terlebih dahulu
  • Dipertahankan dalam ujian komprehensif (demo program), laporan tugas akhir dan progress program di depan tim dosen penguji

 Tujuan

Dengan menyusun Tugas Akhir diharapkan mahasiswa mampu merangkum dan mengaplikasikan semua pengalaman pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang keahlian/bidang studi tertentu secara sistematis dan logis, kritis dan kreatif, berdasarkan data/informasi yang akurat dan didukung analisis yang tepat, dan menuangkannya dalam bentuk penulisan karya ilmiah.

  • Penyusunan Tugas Akhir merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan studi yang mempunyai tujuan agar mahasiswa :
    • Mampu membentuk sikap mental ilmiah
    • Mampu mengidentifikasikan dan merumuskan masalah penelitian yang berdasarkan rasional tertentu yang dinilai penting dan bermanfaat ditinjau dari beberapa segi.
    • Mampu melaksanakan penelitian, mulai dari penyusunan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, sampai pelaporan hasil penelitian.
    • Mampu melakukan kajian secara kuantitatif dan kualitatif, dan menarik kesimpulan yang jelas serta mampu merekomendasikan hasil penelitiannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan pemecahan masalah itu.
    • Mampu mempertahankannya dalam ujian komprehensif, laporan tugas akhir dan progress program di hadapan tim dosen penguji.

Tugas Akhir merupakan suatu karya ilmiah berdasarkan suatu kegiatan penelitian mandiri dari mahasiswa, disusun dalam jangka waktu maksimum tiga semester, di bawah bimbingan seorang dosen pembimbing. Dosen pembimbing di sini hanya sebagai fasilitator. Mandiri di sini diartikan bahwa perancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, penulisan laporan hasil penelitian ada pada diri mahasiswa itu sendiri. Tim dosen penguji mengadakan penilaian dalam hal kemandirian, penguasaan materi dan kompleksitas Tugas Akhir.

Kegiatan Yang Dapat Dijadikan Tugas Akhir

Karena Tugas Akhir itu merupakan suatu karya ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian, maka perlu dipahami kegiatan-kegiatan apa saja yang termasuk dalam penelitian. Menurut kamus Webster (1983), penelitian dan research didefinisikan sebagai berikut :

Research : careful, patient, systematic, diligent inquiry or examination in some field of knowledge, undertaken to establish facts or principles.

(Penyelidikan yang giat secara sistematis, sabar, hati-hati dalam bidang ilmu pengetahuan untuk menghasilkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip)

Dari definisi di atas dapat dijabarkan suatu kegiatan dapat disebut penelitian bila memenuhi kriteria berikut :

  1. Ada hal atau hal-hal yang ingin diselidiki (something to be inquired or examined). Termasuk dalam hal yang ingin diselidiki ini antara lain :
  • Permasalahan yang ingin dipecahkan
  • Hipotesa yang ingin dibuktikan/diuji kebenarannya
  • Sesuatu (yang masih menjadi) pertanyaan yang ingin dicari jawabannya
  • Di sini hal-hal yang diselidiki itu masih merupakan pertanyaan yang memerlukan jawaban.
  1. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan (dapat berupa pemecahan permasalahan, pembuktian kebenaran hipotesa, atau jawaban atas pertanyaan) diperlukan cara (metodologi) tertentu, serta dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam melakukan penyelidikan itu. Dengan kata lain dapat disimpulkan pula bahwa untuk penelitian dibutuhkan proses penyelidikan yang tidak sederhana.
  2. Hasil penyelidikan dapat berupa informasi/data, fakta, atau ketentuan/kaidah/hukum.

Jadi suatu kegiatan dapat disebut penelitian apabila memenuhi tiga kriteria di atas : ada hal-hal yang diselidiki yang masih menjadi pertanyaan, dibutuhkan proses penyelidikan yang tidak sederhana, dan penyelidikan itu menghasilkan informasi/data, fakta, atau ketentuan/kaidah/hukum. Dengan singkat dapat dikatakan bahwa penelitian itu merupakan upaya memecahkan suatu masalah secara ilmiah dan obyektif sehingga menghasilkan bermacam-macam gagasan kreatif untuk dikontribusikan kepada ilmu dan teknologi, dan/atau kepada pembangunan dan/atau pengembangan kelembagaan.

Seminar Tugas Akhir  (khusus mahasiswa S1) :

  1. Judul tugas akhir sudah disetujui oleh para pembimbing dan sudah menyusun minimal sampai BAB III.
  2. Sudah disetujui oleh para pembimbing untuk mengikuti seminar tugas akhir, dibuktikan dengan ditanda-tangani lembar layak mengikuti seminar (terlampir).
  3. Mahasiswa mendaftar seminar tugas akhir ke bagian akademik dengan membawa dokumen sebagai berikut :
    1. Formulir Seminar Tugas Akhir
    2. Lembar Layak Seminar Tugas Akhir yang sudah ditanda-tangani oleh para pembimbing.
    3. Foto copy presensi bimbingan.
    4. Pendaftaran selambat-lambatnya satu minggu sebelum jadwal seminar.
  4. Jadwal seminar akan ditentukan oleh bagian akademik dan akan dikonfirmasikan ke mahasiswa.

Sidang Tugas Akhir (S1 dan D3 ) :

  1. Sudah melaksanakan seminar tugas akhir bagi mahasiswa S1.
  2. Penyusunan tugas akhir sudah mencapai final, baik materi dan teknis penulisan sesuai yang tertuang dalam Pedoman Penyusunan Tugas Akhir.
  3. Sudah disetujui oleh para pembimbing untuk disidangkan didepan dewan penguji, dibuktikan dengan ditanda-tanganinya lembar layak sidang.
  4. Mahasiswa mendaftar sidang tugas akhir ke bagian akademik dengan membawa dokumen sebagai berikut :
    1. Formulir Sidang Tugas Akhir
    2. Menyerahkan dokumen akademik seperti foto copy KHS tiap semester, foto copy bukti pembayaran, foto copy sertifikat workshop yang pernah diikuti dan foto copy sertifikat Mercusuar Leadership Training (MLT).
    3. Menyerahkan 3 buah buku tugas akhir yang sudah ditanda-tangani oleh pembimbing.
    4. Pendaftaran selambat-lambatnya satu minggu sebelum sidang tugas akhir.
  5. Jadwal sidang akan ditentukan oleh bagian akademik dan akan dikonfirmasikan ke mahasiswa.

Back To Top